Menulis Setiap Hari, Why Not??


Resume ke-1

Gelombang 29

Waktu: Senin, 19 Juni 2023

Tema: Menulis Setiap Hari

Moderator: Raliyanti

Narasumber : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd.

Menulis Setiap Hari, Why Not?


Assalamualaikum sahabat blogger nusantara, malam ini adalah malam perdana Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Gelombang 29. Malam ini akan dibahas tuntas mengenai menulis setiap hari yang akan dipandu oleh moderator cantik Ibu Raliyanti dengan narasumber hebat Bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd. yang akrab disapa dengan panggilan Omjay

Banyak orang yang beranggapan bahwa menulis adalah suatu bakat yang tersimpan dalam diri individu. Sehingga tanpa kita sadari, kita menanamkan pada diri kita bahwa kita tidak bakat dalam menulis. Padahal menulis akan mudah apabila kita rajin membaca dan berlatih. Sama seperti halnya makan dan minum, menulis dan membaca merupakan suatu kebutuhan yang harus kita lakukan setiap hari. 

Menulis dan membaca merupakan dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Tidak ada seorang penulis yang tidak rajin membaca, karena dengan membaca akan muncul ide-ide yang dapat kita tuangkan dalam bentuk tulisan. Tulislah ide-ide yang muncul tanpa mengeditnya terlebih dahulu, dan editlah tulisan-tulisan tersebut jika kita telah selesai menulis. Jangan pernah takut salah, karena tak ada penulis yang langsung terkenal dengan hanya dengan satu atau dua kali menulis.

Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang keempat, setelah mendengar menjadi keterampilan berbahasa yang pertama, berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang kedua serta membaca menjadi keterampilan berbahasa yang ketiga. 

Keterampilan berbahasa merupakan kekuatan nalar atau logika yang sangat sejajar. Orang yang logikanya baik dapat diduga memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Namun, jika orang yang berbahasa verbal (lisan) itu baik belum tentu bahwa berbahasa tulisan (grafis)nya juga baik, karena menulis memerlukan kekuatan penguasaan simbol-simbol grafis seperti titik, koma, tanda tanya, tanda seru, tanda kutip, dan lain-lain. Orang yang bagus bicaranya belum tentu bagus pula tulisannya.

Jika kita ingin menjadi seorang penulis yang terkenal, hilangkanlah rasa malas membaca dan menulis dalam diri kita. Teruslah berlatih menulis, karena menulis itu membutuhkan proses. Hasil tidak pernah menghianati proses. Oleh karena itu, jika kita ingin menjadi seorang penulis yang baik, maka berlatihlah menulis setiap hari seperti halnya yang dilakukan oleh narasumber kita, Dr Wijaya Kusumah, M.Pd. yang membiasakan diri menulis 500 kata setiap harinya. sehingga ia menjadi terbiasa menulis dan tidak pernah kehilangan ide dalam menulis. 

Lalu bagaimanakah cara kita melatih keterampilan menulis? Berikut tips dan trik yang diberikan oleh Omjay untuk melatih keterampilan menulis kita

1. Kuatkan tekad dan komitmen kita untuk menulis setiap hari

2. Buanglah jauh-jauh rasa malas kita untuk menulis

3. Perbanyaklah membaca buku atau membaca tulisan orang lain yang dapat meningkatkan pengetahuan kita dalam menulis atau menemukan ide

4. Tulislah apa yang menarik atau apa yang kita kuasai

5. Menulislah setiap hari dengan hati 

6. Mulailah menulis dari hal-hal yang sederhana yang ada di sekitar kita misal dengan menulis dari tiga alinea pembukaan, inti, dan penutup dari ketiga alinea tersebut, kita dapat kembangkan menjadi beberapa alinea lagi

7. Menulislah dengan gaya bahasa kita sendiri, tidak mengcopy paste atau meniru gaya tulisan orang lain.

8. Berlatih dan teruslah berlatih agar kita terbiasa menulis.


Belajar menulis dapat kita lakukan melalui blog pribadi kita, misal dengan menulis di blog gratisan atau blog profesional. Jangan biarkan blog kita sepi dari tulisan kreatif kita, komitmen dan minat kita yang tinggi dalam menulis akan melahirkan tulisan yang kreatif. Berikut beberapa tulisan yang pernah ia tuliskan dalam blognya:

1. Urgensi Matpel Informatika Pada Kurikulum Merdeka, https://wijayalabs.blogspot.com/

2. Ada Apa Dengan Program Pendidikan Guru Pengerak, https://wijayalabs.blogspot.com/


Berikut contoh beberapa blog milik Omjay



Akhirnya kelas menulis malam ini ditutup dengan clossing statement dari Omjay 

"Menulis setiap hari harus kita mulai dengan penuh percaya diri dan kita paksakan, lawan rasa malas yang ada pada diri kita, teruslah berlatih dan belajar dari para pakar agar ketika terbiasa dan terlatih dalam menulis"

Comments

  1. mantap bun... ayo semangat sampai tuntas ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Terima kasih Ibu, mohon bimbingannya yah 🫶

      Delete
  2. Rapi banget ini susunannya. :)

    ReplyDelete
  3. ingatlah selalu pesan omjay, menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yuck.. Komitmen Menulis di Blog

Yuck.. Kirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Proofreading Dulu Sebelum Terbitkan Buku