Yuck.. Komitmen Menulis di Blog


Resume ke-8

KBMN Gelombang 29

Waktu: Rabu, 12 Juli 2023

Tema: Komitmen Menulis di Blog

Moderator: Dail Ma'ruf, M. Pd. 

Narasumber : Drs. Dedi Dwitagama, M. Si


Assalamualaikum wr, wb. 


"Orang yang memiliki komitmen dan integritas yang tinggi, tidak pernah merasa takut, ragu, atau bimbang dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya

-Andri Wongso-


Sahabat blogger.. KBMN malam ini akan membahas mengenai Komitmen Menulis di Blog yang tentunya bersama narasumber yang luar biasa hebatnya karena beliau merupakan gurunya Omjay founder KBMN, melalui beliaulah membuka perspektif Omjay bahwa seorang guru wajib mempunyai blog sebagai media penyampaian informasi kepada khalayak ramai. Sahabat blogger.. Pasti penasaran dengan sosok narasumber kita, beliau adalah Bpk Dedi Dwitagama, M. Si. tentunya narasumber kita akan dipandu oleh moderator hebat lulusan KBMN yakni Bapak Dail Ma'ruf, M. Pd. seorang tokoh penggiat literasi sekaligus Ketua pelaksana Kopdar KBMN 1 di Jakarta. 


Sahabat blogger... Nama Dedi Dwitagama, M.Si sudah tak asing lagi jagad maya, beliau merupakan trainer, educator, dan motivator yang dikenal melalui tulisan-tulisannya yang banyak menginspirasi dalam pengembangan diri, kependidikan, kepemimpinan, dan kewirausahaan yang berpengalaman lebih dari 20 tahun. Untuk menapaki sebuah keberhasilan diperlukan sebuah komitmen yang mampu menjaga niat dan usaha kita dalam menggapai impian. 

Pertemuan di KBMN pada malam ini terasa berbeda, karena kita dapat berinteraksi langsung dengan narasumber melalui forum tanya jawab. Apalagi beliau akan memberikan hadiah kepada satu penanya terbaik yang tentunya membuat kami semakin termotivasi untuk menggali ilmu dari beliau. 

Di awal materi beliau menyisipkan pencarian namanya sendiri di mesin pencarian google atau browsing di internet dengan menuliskan namanya dan setelah dibuka hasilnya banyak sekali informasi mengenai beliau baik dari berbagai blog maupun sosial media seperti facebook dan instagram, hal ini membuat saya menjadi kagum akan sosoknya yang aktif menulis di blog sejak 2005.

Sejarah blog
Blog berasal dari akromin WeBlog yang merupakan jenis situs web yang didalamnya memuat tulisan-tulisan yang disusun berdasarkan urutan waktu. DI Indonesia, blog pertama kali diperkenalkan oleh Enda Nasution pada tahun 2001. 

Tips cara mengisi blog yang kita miliki
Sahabat blogger.. Tips cara mengisi blog yang kita miliki, menurut beliau langkah awalnya adalah dengan mengisi blog sesuai dengan apa yang kita sukai, dalam waktu satu tahun kita dapat mengetahui mana blog yang diminati pembacanya, apakah kita akan menulis sesuai dengan minat pembacanya atau kita berkomitmen menulis dengan apa yang kita sukai, semua pilihan kembali lagi kepada kita. Jangan khawatir jika tulisan kita sepi pengunjungnya, karena suatu saat orang pasti akan membutuhkan tulisan kita dan berkunjung ke blog yang kita miliki. Rasa lelah dalam menulis blog pasti sering kita alami, maka berhenti dan beristirahatlah. 

Peran blog bagi penulis dan cara meningkatkan viewer
Bagi seorang penulis, blog ibarat rumah digital yang dapat kita isi dengan apa saja dan orang lain bisa membaca serta menyisipkan komentarnya, jika objek tulisan kita bagus, kita pun bisa mendapat kesempatan untuk diundang menjadi pembicara. Sebagai seorang penulis di blog tentunya kita akan senang sekali jika tulisan kita banyak dikunjungi, salah satunya dengan cara mengunjungi blog orang lain dan memberikan komentar, etika jika ada orang yang berkomentar di blog kita, baiknya kita juga berkunjung ke blog orang tersebut memberikan komentar atau memberikan tanda like. Selain itu, agar blog kita banyak dikunjungi viewer yakni dengan menuliskan kata-kata kunci yang sedang banyak dicari oleh orang serta membagikan tulisan kita di group whatsapp. Kiat agar kita terus berkomitmen, salah satunya temukan apa yang menjadi komitmen atau passion kita.  

Blog sebagai media pembelajaran 
Sahabat blogger... ternyata blog dapat dijadikan sebagai media penyampaian materi pembelajaran, kita dapat membagikan materi atau bahan ajar kita melalui blog. Bahkan kita pun sebagai guru, dapat memanfaatkan blog sebagai media pemberian tugas kepada murid. Selain itu, blog pun dapat kita ajarkan pada siswa kita yang masih duduk di bangku sekolah dasar, apalagi untuk siswa zaman now umumnya anak-anak sudah memiliki email, yang dapat dijadikan media untuk membuat email, dengan belajar melalui blog kita mampu mengajak siswa untuk cakap literasi digital, yang mampu mengasah keterampilan siswa dalam menulis. 

Cara mengajak orang lain agar gemar menulis di blog
Lalu.. bagaimanakah kita mengajak orang lain untuk gemar menulis? Salah satunya adalah menjadikan diri kita sebagai contoh untuk orang lain, ketika kita sudah merasakan banyak manfaat dari hobi kita menulis, maka orang akan penasaran dan akan datang kepada kita untuk menanyakan keahlian kita dalam menulis. Jika pun tidak ada yang tergerak untuk menulis blog, maka biarkan saja dan lanjutan komitmen kita untuk menulis. 


"Lakukan hal yang anda sukai, jika itu kebaikan, maka kebaikan itu akan datang pada kita"
-Dedi Dwitagama, M.Si-






Comments

  1. Replies
    1. Terima kasih pak, masih pemula mohon bimbingannya pak

      Delete
  2. Replies
    1. Terima kasih ibu atas motivasinya, saya masih pemula masih harus banyak belajar dari teman2 hebat dan tim solid omjay

      Delete
  3. Replies
    1. Alhamdulillah.. Terima kasih Pak Dail, jadi semakin termotivasi terus untuk tetap menulis

      Delete
  4. Replies
    1. Alhamdulillah.. Terima kasih ibu batas supportnya

      Delete
  5. Replies
    1. Alhamdulillah.. Terima kasih ibu, saya juga masih belajar bu

      Delete
  6. Replies
    1. Alhamdulillah.. Masih dalam proses belajar semoga bisa menjadi lebih baik

      Delete
  7. Replies
    1. MasyaAllah.. Terima kasih bu Ovi, mohon bimbingannya ibu 🙂

      Delete
  8. Congratulation on your succees... Be A great writer by becoming an inspiration for the other.

    ReplyDelete
  9. Congratulation on your succes. Be A great writer by giving A good inspiration to the other.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak atas support dan doanya, semoga bisa menjadi lebih baik dan bermanfaat untuk orang banyak

      Delete
  10. Runtut dan mudah dipahami. Sangat keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Terima kasih pak, masih belajar berusaha memberikan yang terbaik dari setiap usaha

      Delete
  11. Replies
    1. Alhamdulillah.. Terima kasih ibu atas supportnya

      Delete
  12. Sukses Bu, mau juga rasanya dapat hadiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Ayoo bu, kita semangat Jagan konsistensi kita dalam menulis. InsyaAllah selain dapat ilmu dr para narasumber, bisa dapat bonus juga 😊

      Delete
  13. Replies
    1. Alhamdulillah.. Terima kasih ibu, saya juga masih belajar

      Delete
  14. Replies
    1. Alhamdulillah.. Terima kasih ibu supportnya. Masih belajar dan terus belajar

      Delete
  15. Masya Allah baru Ngah tentang menulis di blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iaa bi, Mari kita belajar bersama, gali potensi, raih prestasi bersamanpraktisi

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yuck.. Kirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Proofreading Dulu Sebelum Terbitkan Buku