How to write a good resume


Resume ke-3

Gelombang 29

Waktu: Jumat, 23 Juni 2023

Tema: How to write a good resume

Moderator: Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd

Narasumber : Raliyanti, S.Sos. S.Kom., M.Pd.


Assalamualaikum wr, wb


"Jika kau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka menulislah"

-Imam Al Ghozali-



How to write a good resume, tema yang sangat menarik pada pelatihan hari ke-3 Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Gelombang 29, terutama bagi kita sebagai penulis pemula. Pada pelatihan malam ini kita akan dipandu oleh moderator hebat, Ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd. yang akan membersamai kita dengan narasumber hebat kita Ibu Raliyanti, S.Sos. S.Kom., M.Pd yang akan berbagi ilmu mengenai bagaimana cara kita menulis resume yang baik agar terhindar dari plagiasi. 

Sahabat blogger... Istilah resume mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita peserta KBMN Gelombang 29, karena setiap selesai pertemuan kita diminta untuk mengirimkan resume. Dikutip dari Narasumber, resume dapat dikatakan juga sebagai rangkuman atau ringkasan dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang. Ketika menulis resume, kita hanya menuliskan intisari atau pokok informasi tanpa menghilangkan bagian yang penting dari tulisan tersebut. 

Isi yang harus termuat di dalam resume antara lain:

1. Judul materi beserta nama narasumber

2. Ringkasan utama materi

3. Memilih bagian-bagian yang penting untuk disertakan ke dalam resume

Trik cara menulis resume yang baik dan benar

1. Mengamati dengan baik materi yang disampaikan oleh narasumber

2. Memodifikasi materi yang disampaikan oleh narasumber sesuai dengan gaya tulisan kita dan kaidah penulisan yang baku

3. Hindari mengcopy paste seluruh materi yang disampaikan oleh narasumber

4. Mengembangkan materi yang disampaikan oleh narasumber dengan relevan

5. Memberikan kesimpulan di akhir resume

6. Tulisalah resume sesuai dengan gaya tulisan kita, agar tulisan kita memiliki seni yang khas

Dua hal penting di dalam menulis resume

1. Menulis resume dengan paragraf yang pendek, karena resume dengan paragraf yang panjang dapat membuat jenuh pembacanya

2. Memparafrasekan informasi yang diberikan oleh narasumber dengan gaya bahasa sendiri

Tips cara membuat resume dengan cepat yang dikutip dari narasumber Ibu Maesaroh

1. Duduk 10 menit sebelum kelas belajar menulis nusantara dimulai, siapkan perangkat dan sambungkan wa web agar memudahkan dalam menulis

2. Menulis narasi pembuka yang related dengan materi yangdiberikan oleh narasumber serta menulis narasi penutup yang berisi dari kesimpulan dari pemaparan materi

3. Tulislah resume dengan paragraf yang pendek

4. Menulis pernyataan narasumber dengan gaya bahasa paralelisme yaitu kalimat pengulangan yang dikemas dengan gaya bahasa sendiri

5. Gunakan dua perangkat gawai dan laptop

sahabat blogger... di dalam membuat resume yang gidak kalah penting adalah mengatur pikiran kita atau set our mind.

4 Langkah dalam set our mind

1. Posisikan resume kita berada di urutan pertama agar dapat menarik banyak pengunjung blog. Selain itu, menulis resume dengan cepat jika beruntung kita bisa mendapatkan hadiah buku

2. Memberikan karakter resume, resume yang dibuat dengan bahasa yang menarik dapat memberikan karakter pada tulisan

3. Menambahkan bahan referensi ada resume dapat emmbuat tulisan kita lebih kredibel

4. Meramu tulisan dengan bahasa yang khas dapat menarik pembaca setia resume kita

5. Hidari plagiarisme

Cara membangun kepercayaan diri dalam menulis di blog

1. Percaya diri, penulis yang memiliki kepercayaan diri tidak akan menilai rendah tulisannya

2. Siap dengan segala kritikan, jadikan kritikan sebagai sarana dalam mengembangkan tulisan kita di blog

3. Menjadi penulis blog yang informatif dan edukatif

4. Membangun tulisan di berbagai blog, bertujuan agar pembaca memiliki perspektif pada tulisan kita

Sahabat blogger... untuk menjadi seorang penulis yang profesional itu tidak mudah, perlu membangun mental baja dalam diri kita. Menulis bukan hanya karena bakat, tetapi menulis dilalui melalui proses berlatih, maka pentingnya kita berlatih menulis misal dengan menulis setiap hari di kompasiana, menulis bahan ajar pada blogspot, menulis resp makanan di wordpress atau menulis dan membuat video pembelajaran di chanel youtube. Menulis di berbagai platform blog yang berbeda dapat membuat penulis mudah beradaptasi dan tak segan memberi perubahan. 

Cara membuat resume menjadi sebuah buku

1. Membuat TOC atau daftar isi

2. Pilih resume yang akan dijadikan buku

3. Copy paste resume yang sudah kita buat ke microsoft word

4. Merapikan resume yang sudah kita buat

5. Mencari dan mengirimkan kepada penerbit




 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yuck.. Komitmen Menulis di Blog

Yuck.. Kirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Proofreading Dulu Sebelum Terbitkan Buku