Kiat Mudah Menyusun Buku Secara Sistematis

 


Resume ke-15

KBMN Gelombang 29
Waktu: Jumat, 28 Juli 2023
Tema: Kiat Mudah Menyusun Buku Secara Sistematis
Moderator: Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S. Pd.
Narasumber : Yulius Roma Patandean, S.Pd.

Assalamualaikum wr, wb. 

"Hiduplah seolah-olah kamu akan mati besok. Belajarlah seolah-olah kamu hidup selamanya"
-Mahatma Gandhi-

Sahabat blogger... Membuat buku solo hasil karya kita merupakan impian banyak penulis pemula, namun sebagai penulis pemula terkadang kita bingung harus memulai dari mana untuk menyusun sebuah buku. "Kiat Menyusun Buku Secara Sistematis" adalah tema kita dalam kelas belajar menulis nusantara, yang pastinya sangat menarik untuk kita terutama penulis pemula, apalagi pada kelas belajar menusli malam ini kita akan dipandu oleh moderator hebat kita Ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd. yang akrab disapa Ibu Sita, beliau akan membersamai narasumber hebat kita yakni Bapak Yulius Roma Patandean, S.Pd. seorang guru yang berprestasi yang berasal dari Tanah Toraja Provinsi Sulawesi Selatan. Guru yang memiliki segudang prestasi salah satunya peraih Guru Berprestasi Tingkat SMA Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2021 serta peraih 2 medali emas dan 3 medali perunggu dalam ajang Gurulympic tahun 2020.

Sahabat blogger... sebagai peserta kelas belajar menulis nusantara gelombang 29, tentunya ada tugas akhir yang harus kita selesaikan yakni membuat buku yang berisi resume kegiatan belajar kita selama 30 pertemuan. Pastinya sebagai peserta kelas belajar menulis nusantara kita selalu membuat resume yang nantinya resume-resume tersebut akan kita susun menjadi sebuah naskah buku yang berupa  berupa cerpen, puisi, biografi, non fiksi, dll yang akan menjadi sebagai buku solo. Naskah buku yang tertata dan tersusun dengan baik memudahkan penulis untuk menambahkan, mengurangi, dan merombak naskah. Di dalam menyusun sebuah buku kita menghadapi tantangan besar yakni sistematika tulisan, namun sahabat blogger tak perlu khawatir karena pria kelahiran Salubarani, Gandangbatu Sillanan 39 tahun silam memberikan tips dan trik dalam menyusun sistematika sebuah buku. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Mondeley dan Zotero.

A. Cara Membuat Daftar Isi, Kutipan, Indeks dan Daftar Pustaka Secara Otomatis
Berikut cara membuat daftar isi, daftar pustaka, indeks, dan daftar pustaka secara otomatis yang sudah dibuatkan tutorialnya oleh narasumber melalui link https://youtu.be/eePQwyHAcjw
1. Buatlah kerangka tulisan yang beisi judul, kata pengantar, prakata, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, bab dan sub bab, indeks dan daftar pustaka
2. Blok keranga tulisan yang sudah kita buat kemudian klik heading 1
3. Tentukan ukuran kertas yang akan kita gunakan 
4. Pisahkan setiap bagian sesuai dengan kerangka tulisan yang sudah kita buat
5. Buatlah penomoran (insert - page number)
6. Agar penomoran pada daftar isi berbeda dengan bab, maka simpan kursor di belakang kata bab 1 pilih page layout klik breaks pilih secsions breaks klik next breaks kemudian klik page number pilih penomoran yang akan kita gunakan.
7. Untuk daftar isi pilih menu references kemudian pilih table of contents 
8. Untuk membuat daftar pustaka secara otomatis, maka setiap kita memasukan informasi dari narasumber maka kita klik references pilih manage sources pilih style APA sixth edition pilih new, book, masukkan nama penulis buku yang kita gunakan pada kolom author. Masukan judul buku di kolom title, masukan tahun buku di kolom year, nama kota di kolom city dan penerbitnya di kolom publisher. Maka secara otomatis daftar pustaka yang akan kita buat sudah terisi.

B. Cara Membuat Judul Bab dan Sub Bab Pada Tulisan Secara Otomatis
Selain memberikan tips mengenai cara membuat daftar isi, kutipan, indeks dan daftar pustaka secara otomatis. Pria kelahiran 6 Juli 1984 ini memberikan tips cara membuat judul bab dan sub bab secara otomatis, berikut video tutorialnya dapat kita coba pada link berikut https://youtu.be/jXPr59aWJSc
1. Siapkan naskah buku yang akan kita buat dalam microsoft word
2. Klik page layout dan pilih ukuran kertas yang yang akan gunakan
3. Klik page layout dan pilih margin yang akan kita gunakan
4. Blok nama judul, klik home kemudian pilih heading 1
5. Simpan judul di tengah dengan mengklik center dan ubah warna tulisan menjadi hitam (black)
6. Untuk sub judul, klik home kemudian pilih heading 2 dan untuk sub judul berikutnya klik heading 3
7. Kemudian buat daftar isi, arahkan kursor di bawah daftar isi klik references pilih table of contents 

C. Cara Membuat Indeks Tulisan Pada Buku
Berikut cara membuat indeks tulisan pada sebuah buku yang dikutip dari video tutorial yang dibuat oleh narasumber kita yang sudah lulus dalam kelas belajar menulis nusantara gelombang 8.
https://youtu.be/mS8bfNZT-rA
1. Siapkan naskah tulisan yang sudah kita buat dalam bentuk word
2. Blok indeks, pilih file lalu klik heading 1
3. Atur ukuran tulisan dan warna tulisan
4. Klik references kemudian blok kata yang akan kita indeks pilih mark entry masukan kata yang kita simpan di indeks.
5. Pada laman indeks klik references pilih insert indeks lalu klik ok

Sahabat blogger... sebagai seorang penulis pemula, sering berkunjung pada blog penulis lain dapat menambah pengetahuan kita baik mengenai perbendaharaan kata maupun gaya menulis, baca dan lakukan perubahan pada naskah. Naskah buku  yang tersusun dengan baik tentunya memudahkan tim editor di percetakan dalam menerbitkan naskah buku. Ada baiknya kita pun belajar menjadi editor naskah tulisan kita misal dengan melihat video tutorial dalam menyusun buku. 
Sering membaca naskah buku dapat meningkatkan rasa percaya diri kita dalam menyusun buku secara sistematis, sebagai penulis pemula pasti akan banyak tantangan yang kita hadapi dalam menerbitkan buku. Oleh karena itu, terus belajar dan menggali potensi dapat membuat kita siap menghadapi tantangan seperti halnya beliau yang sudah berhasil membuat buku solo salah satunya yang berjudul "Guru Menulis, Guru Berkarya", uku "Digital Transformation" bersama Prof. Richardus Eko Indrajit serta buku "Metode Belajar Online "Kiat Sukses dalam Pembelajaran Jarak Jauh" 




Tanpa terasa kegiatan kelas belajar menulis malam ini pun telah berakhir, di akhir pemaparan Pak Roma menutup kelas dengan membacakan sebuah pantun.

                    Dinginnya malam tak sedingin es
                    Ingin terus bersama tapi tubuh lemes
                    Grup KBMN senantiasa merekah
                    Terus berkarya catatkan sejarah 


"Belajar memang tak lantas membuat kita langsung sukses.
Namun kebanyakan orang sukses adalah pembelajar sejati"

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yuck.. Komitmen Menulis di Blog

Yuck.. Kirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Proofreading Dulu Sebelum Terbitkan Buku