Yuck.. Menulis Buku Non Fiksi

 

Resume ke-14

KBMN Gelombang 29
Waktu: Rabu, 26 Juli 2023
Tema: Yuck..Menulis Buku Non Fiksi
Moderator: Lely Suryani, S. Pd.SD
Narasumber : Musiin, M. Pd. 

Assalamualaikum wr, wb. 

"Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui, tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri"
-J. K Rowling-


Sahabat blogger.. Menulis bukanlah hal yang mudah kita lakukan, apalagi kita yang tidak suka membaca, pasti akan terasa lebih sulit, karena menulis merupakan keterampilan produktif yang membutuhkan komitmen, salah satunya adalah banyak membaca dan mengamati fenomena yang ada.
Pada kelas belajar menulis nusantara (KBMN) malam ini, kita akan berlatih belajar menulis buku Non fiksi bersama narasumber hebat kita yakni Ibu Musiin, M. Pd. Guru Bahasa Inggris di SMPN 1 Tarokan Kediri yang memiliki hobi travelling, membaca buku, memasak, dan menulis yang tentunya akan ditemaninoleh moderator hebat kita, Ibu Lely Suryani, S. Pd. SD. seorang guru penggerak angkatan 5 yang juga alumni kelas belajar menulis nusantara angkatan 23.

Yuck lebih dekat dengat buku nonfiksi
A. Definisi buku nonfiksi 
Buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat berdasarkan fakta dan kenyataan. Buku nonfiksi dapat berupa informasi, pengetahuan, atau wawasan. Adapun tujuan menulis buku nonfiksi adalah untuk menyajikan temuan baru atau penyempurnaan dari informasi yang sudah ada.

B. Enam ciri buku nonfiksi
1. Ditulis berdasarkan fakta. 
2. Bahasa yang digunakan dalam buku nonfiksi adalah bahasa formal.
3. Makna yang disampaikan berupa makna denotasi.
4. Tulisan dapat berupa tulisan ilmiah popular.
5. Meghasilkan temuan baru atau menyempurnakan ide temuan lama.
6.  Adanya analisis dan interpretasi intelektual yang diberikan oleh penulis berdasarkan data yang disajikan dalam tulisannya.

C. Jenis buku nonfiksi
Ada dua jenis buku nonfiksi, diantaranya:
1. Buku nonfiksi murni, merupakan buku yang berisi kumpulan data otentik yang dikembangkan menjadi sebuah buku. Data-data tersebut berasal dari teori, wawancara penulis, observasi, angket dan bukti lainnya.
Contoh buku nonfiksi murni yakni skripsi, karya ilmiah, disertasi, artikel, dan feature. 

2. Buku nonfiksi kreatif, yakni buku yang berisi data-data otentik yang dikembangkan dengan bumbu-bumbu kreatif dari pengarang.
Contoh buku nonfiksi kreatif antara lain biografi, autobiografi, memoar, buku motivasi, pengembangan diri atau psikologis, buku panduan atau manual, buku pelajaran/buku teks/buku pendamping, encyclopedia atau kamus serta buku catatan perjalanan. 

D. Tiga pola penulisan buku nonfiksi

1. Pola Hierarkis, buku disusun berdasarkan tahapan dari mudah ke sulit atau dari sederhana ke rumit contoh buku pelajaran
2. Pola Prosedural, buku yang disusun berdasarkan urutan atau proses seperti buku panduan
3. Pola Klaster, buku yang disusun secara poin per poin atau butir per butir seperti yang diterapkan pada buku kumpulan tulisan atau kumpulan bab atau antar bab. 

E. Lima proses dalam menulis buku nonfiksi
Ada lima langkah atau proses dalam menulis buku nonfiki yakni:
1. Pratulis, meliputi:
a. Menentukan tema, dalam buku nonfiksi dapat kita tentukan satu tema saja misal tema parrenting, pendidikan, atau motivasi. 
b. Menemukan ide, ide bisa diperoleh dari pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, bsrita di media massa, atau status di Facebook atau sosial media, imajinasi, observasi, perenungan dan membaca karya orang lain. 
c. Merencanakan jenis tulisan, 
d. Mengumpulkan bahan tulisan
e. Bertukar pikiran
f. Menyusun daftar
g. Meriset
h. Membuat Mind Mapping
i. Menyusun kerangka
2. Menulis draf, dalam menulis draf tulisan tuangkan konsep tulisan dengan prinsip bebas serta tidak mementingkan kesempurnaan, fokus pada ide yang akan dituliskan. 
3. Merevisi draf, dapat dilakukan dengan merevisi sistematika atau struktur tulisan dan penyajian serta memeriksa gambaran besar dari naskah yang telah ditulis. 
4. Menyunting naskah, dalam menyunting naskah kita dapat menggunakan KBBI atau PUEBI dalam memeriksa ejaan, tata bahasa, diksi, data dan fakta, serta legalitas dan norma 
5. Menerbitkan

F. Anatomi buku nonfiksi 
1. Halaman Judul
2. Halaman Persembahan (OPSIONAL)
3. Halaman Daftar Isi
4. Halaman Kata Pengantar (OPSIONAL, minta kepada tokoh yang berpengaruh)
5. Halaman Prakata
6. Halaman Ucapan Terima Kasih (OPSIONAL)
7. Bagian /Bab
8. Halaman Lampiran (OPSIONAL)
9. Halaman Glosarium
10. Halaman Daftar Pustaka
11. Halaman Indeks
12. Halaman Tentang Penulis

Sahabat blogger.. Sebagai seorang penulis pemula, pastinya akan ada banyak hambatan yang kita hadapi misal hambatan waktu, kreativitas, teknis, tujuan, dan psikologis. Berikut tips yang diberikan oleh narasumber hebat kita saat kita menghadapi hambatan dalam menulis
1. Perbanyak membaca, dengan membaca akan menambah perbendaharaan kita. 
2. Cari inspirasi dari lingkungan sekitar kita
3. Disiplin menulis setiap hari. 
4. Menulislah dari yang kita sukai dan kita kuasai. 


"Hanya ada dua rahasia penulis hebat di dunia ini yakni banyak membaca buku yang berkualitas dan praktek menulis setiap hari"
-Dani Keizen-



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yuck.. Komitmen Menulis di Blog

Yuck.. Kirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Proofreading Dulu Sebelum Terbitkan Buku