Berprestasi dan Go Internasional Berkah Menulia

 


 Resume ke-27

KBMN Gelombang 29
Waktu: Jumat, 25 Agustus 2023
Tema: Berprestasi dan Go Internasional Berkah Menulis
Narasumber: Rita Wati, M. Kom
Moderator: Nur Dwi Yanti, M. Pd. 

Assalamualaikum wr, wb.

"Bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang"
---- Ir. Soekarno ----

Sahabat blogger... Sejatinya setiap manusia pasti memiliki mimpi untuk menggapai kesuksesan. Namun, kesuksesan bukan semata hadiah dari Tuhan, ada banyak pengorbanan dalam meraihnya seperti halnya narasumber hebat kelas belajar menulis nusantara, Ibu Rita Wati, M. Kom, seorang guru Informatika SMP Negeri 2 Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali. Berkah kepiawaiannya dalam menulis, mengantarkan wanita kelahiran Tanjung Pinang 40 Tahun silam berhasil menorehkan prestasinya dan berkesempatan belajar di CS50x Harvard dan Volunteer AlCoB. Tentunya, beliau tak sendirian, karena akan dibersamai moderator hebat Ibu Nur Dwi Yanti M. Pd. 


Ketertarikannya pada dunia menulis berawal ketika beliau duduk di bangku kuliah pasa 2001. Pada saat itu beliau berteman dengan seorang penulis yang telah menerbitkan buku memacu semangatnya untuk menulis, namun wanita yang menghabiskan masa kecilnya di Tanjung Pinang Kep. Riau pun bingung, ketika memulai menulis, apa yang ingin dia tulis dan bagaimana cara memulai menulis hingga akhirnya keinginannya pun hanya sebatas mimpi yang tak terwujud.
Hingga pada akhirnya, di Tahun 2005 ia pun memberanikan diri untuk menulis apa yang ada di pikirannya, ia pun berhasil membuat cerpen dan novel. Namun, karena ketidak pedeannya dalam menulis, membuat banyak tulisannya hanya mampu tersimpan di hidden folder. 
Hingga pada masa pandemik Covid-19 melanda, wanita yang akrab disapa Cikgu Rita akhirnya dipertemukan dengan kelas belajar menulis nusantara gelombang 10 yang membuatnya bertemu orang-orang hebat seperti Omjay, narasumber dan tim solid Omjay membuat semangat menulisnya semakin mengebu-gebu, hingga akhirnya beliau mampu menghasilkan 4 buku solo, 1 buku duet  bersama Prof Ekoji yang diterbitkan di penerbit Andi dan 10 buku antologi.

Selain itu beliau pun mendapatkan kesempatan untuk membuat sebuah buku biografi Bapak Trisno Nugroho yang berjudul "Mengejar Mimpi. Buku ini berkisah perjalanan hidup seorang anak Nusa Kambangan yang menjadi Direktur Eksekutif Bank Indonesia. 

A. Trik Menjadi Guru Hebat dan Prestasi
Sebagai seorang guru yang memiliki segudang prestasi, Cikgu Rita pun memberikan beberap trik sebagai berikut:
1. Manfaatkan secara maksimal semangat yang ada di dalam diri kita
2. Berani keluar dari zona nyaman
3. Berkompetisi dalam ajang bergengsi seperti mengikuti lomba
4. Perbanyak membaca dan mengunjungi blog orang lain untuk menambah pengetahuan dan pengalaman
5. Terus berlatih mengikuti kelas-kelas internasional. 

Sahabat blogger... Kegigihan Cikgu Rita dalam mewujudkan mimpinya akhirnya membuahkan hasil. Wanita yang saat ini menetap di Bali, akhirnya berkesempatan untuk belajar di CS50X Harvard University dan Vlounter AIV kerjasama Kemendikbud dengan Kementrian Pendidikan Korea Selatan. 


B. Manfaat Menulis
Banyak manfaat yang Cikgu Rita dapatkan saat menulis, diantaranya:
1. Meredakan stress
2. Memecahkan masalah dengan baik
3. Dapat menuangkan perasaan dan isi hati
4. Memperbaiki suasana hati
5. Meningkatkan daya ingat

C. Tujuan Menulis
1. Ingin belajar dalam meningkatkan keterampilan menulis
2. Keterpaksaan karena tugas, misal untuk menyelesaikan pendidikan atau persyaratan untuk naik pangkat
3. Menyalurkan hobi
4. Meningkatkan prestice
5. Menambah penghasilan

Awal tujuan Cikgu Rita menulis adalah untuk menyalurkan hobi, namun berkat menulis beliau pun mendapatkan banyak berkah seperti mendapatkan hadiah buku, tablet, laptop hingga mendapatkan uang tunai. 




D. Tips Menulis
Sebagai guru yang memiliki segudang prestasi baik tingkat nasional sampai tingkat internasional, Cikgu Rita tak segan-segan berbagi tips dalam menis, seperti: 
1. Tulislah topik yang kita sukai
2. Kuasai diri sendiri
3. Menuliskan semua ide ada
5. Buatlah judul yang menarik pembaca
6. Perbanyak membaca buku atau berkunjung ke blog, guna meningkatkan kemampuan menulis 
7. Giat berlatih
8. Pilih dan gunakan diksi dengan tepat
9. Menyisipi perumpaman pada setiap tulisan 
10. Lakukan riset
11. Tuangkan ekpresi dan emosi yang ada dalam diri kita melalui tulisan


Sahabat blogger... Menulis bukan hanya sekedar aktivitas biasa, namun menulis juga merupakan sarana dalam meraih prestasi. Oleh karena itu, penting bagi kita dalam mengasah keterampilan menulis untuk menemukan gaya menulis yang sesuai dengan kita. Kembangkan keterampilan menulis dengan mempelajari teknik menulis yang efektif, memahami struktur narasi, mengembangkan karakter dn alur cerita. Atasi hambatan dan kegagalan yang kita alami, menerima kritik dan rejection merupakan bagian dari proses menulis. 



"Beberapa orang memimpikan kesuksesannya, sementara yang lain bangun setiap pagi untuk mewujudkan mimpinya"
---- Wayne Huizenga ----


Comments

  1. Selamat bunda sudah rajin memgulik lebih jauh materi dari link" yang telah diberikan. Good job keep writing and sharing

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yuck.. Komitmen Menulis di Blog

Yuck.. Kirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Proofreading Dulu Sebelum Terbitkan Buku