Menjadikan Blog Sebagai Media Dokumentasi dan Refleksi Diri Siswa

Resume ke-28

KBMN Gelombang 29
Waktu: Senin, 28 Agustus 2023
Tema: Menjadikan Blog Sebagai Media Dokumentasi dan Refleksi Diri Siswa
Narasumber: Bambang Purwanto, S.Kom. Gr
Moderator: Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd,

Assalamualaikum wr, wb.


"Refleksi adalah sebuah seni dalam menemukan pengetahuan. 
Guru dan murid terlibat dalam proses mencari makna dari yang
ingin, sedang, dan akan dipelajari"
----Unun Yaqien----


Sahabat blogger... Di zaman sekarang ini teknologi tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia, karena banyak penemuan teknologi yang berguna untuk pemenuhan kebutuhan sehari seperti teknologi trasnportasi, teknologi komunikasi, teknologi medis, dan teknologi kontruksi. Bahkan teknologi pun dapat di manfaatkan dalam dunia pendidikan. Salah satunya pemanfaatan media blog dalam dunia pendidikan. Blog yang merupakan akronim dari kata we blog, merupakan situs web yang menyerupai tulisan-tulisan pada halaman web yang dapat kita isi dengan tulisan dari berbagai tema, promosi, namun dapat kita manfaatkan juga sebagai media dokumentasi dan refleksi diri siswa. Pada kegiatan pembelajaran kelas menulis nusantara malam ini akan membahas bagaimana memanfaatkan media blog sebagai media dokumentasi dan refleksi diri siswa, tentunya bersama moderator hebat kita Ibu Pubaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd yang merupakan bagian dari Tim Solid Omjay, beliau akan membersamai narasumber hebat kita Bapak Bambang Purwanto, S.Kom, Gr seorang guru informatika, penggiat literasi, pendongeng, blogger, MC, sekaligus aktivis masyarakat.
 
A. Definisi Blog
Dikutip dari wikipedia, blog merupakan aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan yang dapat dimuat atau diposting pada sebuah halaman web. Sedangkan menurut Ksmud Merrian Webster, blog merupakan sebuah website yang didalamnya mengandung konten yang bersifat non promosional seperti artikel, foto, video atau infografis. Berdasarkan definisi tersebut dapat kita simpulkan bahwa blog adalah salah satu jenis website yang berdungsi sebagai sarana untuk mewadahi berbagaio konten, informasi, oppini, atau apapun yang dimuat oleh penulis atau pemiliki blog sebagai sebuah postingan. 

B. Peranan Blog
Blog memiliki banyak peranan antara lain:
1. Sebagai media menulis dalam menyampaikan ide, gagasan, pendapat dalam bentuk tulisan.
2. Media portofolio online yang berisi karya tulisan, galeri foto dan video, bahkan berisi proyek yang sednag kita kerjakan.
3. Sebagai sarana branding atau membangun branding
4. Media dalam menghasilkan uang misalnya dengan mempromosikan produk atau jasa.
5. Media penyampaian informasi dari guru kepada murid

Sahabat blogger.. sebagai media komunikasi antara guru dengan siswa, ternyata blog juga dapat kita gunakan sebagai media dokumentasi dan refleksi diri siswa. Refleksi diri merupakan suatu aktivitas merenung atau intropeksi diri untuk menganalisis kembali kebiasaan, pengalaman atau keputusan yang telah kita ambil. Bagi murid refleksi dapat melatih murid untuk mengungkapkan pendapatnya mengenai proses pembelajaran yang telah dilakukan serta menyampaikan harapannya terhadap pembelajaran yang akan dilakukan. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh Mr Brams, sebagai seorang guru informatika di SMP Taruna Bakti, beliau memanfaakan media blog sebagai media dokumentasi dan media refleksi diri siswa baik selama proses pembelajaran maupun setelah proses pembelajaran. 


Sebagai seorang guru, pria kelahiran Bandung, 6 April 1974 memanfaatkan media blog sebagai media penyampaian materi pembelajaran kepada siswa. Selain itu, Mr Bams yang memiliki moto "mengisi hidup dengan penuh berkah" ini pada akhir pembelajaran meminta siswanya untuk mengisi refleksi diri. Sebagai pemantik, beliau akan memberikan poin bagi siswa yang mengisi refleksi diri di blognya http://bepenamrbams.wordpress.com/


C. Manfaat Menulis Refleksi Diri
Di dalam kegiatan pembelajaran menulis refleksi diri memberikan banyak manfaat baik bagi guru mapun bagi siswa.
Manfaat menulis refleksi diri bagi siswa
1. Mengetahui tingkat kepatuhan siswa untuk menulis refleksi diri, sehingga siswa disiplin dan terbiasa untuk menulis setiap minggunya
2. Mendapatkan masukan, saran atau kritik dari siswa tentang pembelajaran yang telah kita laksanakan 
3.Memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat atau menyampakan perasaannya mengikuti pembelajaran
4. Alat ukur kedisiplinan
5. Mewujudkan harapan yang disampaikan oleh siswa mengenai kegiatan pembelajaran yang ingin diharapkan siswa.

Manfaat menulis refleksi bagi siswa
1. Melatih siswa untuk disiplin melakukan pengisian secara rutin diakhir pembelajaran
2. Melatih praktik kemampuan menulis siswa
3. Hasil tulisan bisa dibaca ulang
4. Bagi siswa yang tidak hadir bisa mendapatkan gambaran proses kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

Berikut beberapa contoh refleksi diri siswa Mr Bams 
Contoh : 
"Hari ini saya belajar cara membuat folder/file. hari ini sangat seru karena saya mempelajari hal baru yang belum saya lakukan sebelumnya. saya senang bisa mempelajari hal baru ini. dan kita juga ada tugas tapi saya tidak mengerti mr bams ngomong apa karena tidak kedengeran".

"Pada hari ini, kita pada awal pembelajaran melakukan ice-breaking di Quiziz mengerjakan 3 soal nomor, kita juga hari ini mencoba membuat satu program javascript di notepad dan jika sudah jangan lupa copy paste dan masukkan hasil programnya ke Word, masukkan pula ke Google Drive kita masing-masing, hari ini tidak ada masukan dari saya, Mr. Bams jangan lupa untuk menjaga kesehatan bapak dan istirahat yang cukup, Ancel tau bapak sedang banyak adanya pekerjaan dan tugas. Semoga hari-hari dan kegiatan kita semua dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa".

Melalui menulis refleksi diri, dapat menumbuhkan sikap empati siswa kepada murid seperti yang dilakukan oleh murid Mr Bams. Sahabat blogger... memanfaatkan blog sebagai media menulis refleksi bagi siswa, merupakan ide yang menarik dan patut ditiru di era digitalisasi saat ini. Refleksi diri melalui blog bukan hanya bisa dilakukan oleh siswa tingkat atas, namun pada tingkatan yang lebioh rendah misalnya kita bisa melakukan refleksi dengan menanyakan perasaan siswa selama pembelajaran. Sebagai seorang guru kita patut bangga dan bersyukur, karena selain sebagai profesi yang mulia guru dapat membuat anak bisa dari ketidakbisaan mereka melalui proses belajar.

Berbahagialah dan beruntunglah bagi kita semua yang dinyatakan memiliki profesi guru. Profesi yang sangat mulia untuk dijalankan dimana saja. Guru yang mengubah siswa yangb tidak bisa menjadi bisa melalui proses belajar. Yakinlah setiap kita menebar kebaikan pasti akan dibalas oleh sang pencipta. Terbarkan kasih sayang disetiap detiknya, karena kasih sayang tak pernah marah dan mengeluh dengan keadaan. Yakuinlah bahwa kekuatan ilahi ada bersama kita guru-guru yang mau berpikir, belajar dan mempraktikan hal-hal yang baru untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.


"Apa yang kembali kepada kita adalah sebuah amanah untuk dijalan semakin baik. 
Belajar terus menjadi kunci untuk menjalani hidup ini. Lakukan semuanya dengan penuh kasih sayang. Seperti kasih sayang dari Sang Kuasa yang tak pernah berhenti"
-----Mr Bams"----





Comments

Popular posts from this blog

Yuck.. Komitmen Menulis di Blog

Yuck.. Kirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Proofreading Dulu Sebelum Terbitkan Buku