Yuck.. Kirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru


Resume ke-23

KBMN Gelombang 29
Waktu: Sabtu, 19 Agustus 2023
Tema: Yuck... Kirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru
Moderator: Yandri Novita Sari, S.Pd.
Narasumber: Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd.

Assalamualaikum wr, wb. 

"Aku lebih takut dengan seseorang yang memegang pena (penulis) dari pada prajurit yang bersenjatakan lengkap"
---Napolean Bonaparte---

Sahabat blogger... Termuat tulisan kita di majalah pendidikan berskala nasional tentunya menjadi impian banyak orang, terutama penulis sekaligus guru atau praktisi pendidikan. Bagaimana cara agar tulisan kita bisa dimuat di majalah pendidikan skala nasional? Pada kelas belajar menulis nusantara malam ini, akan membahas tuntas mengirim tulisan ke majalah suara guru, tentunya bersama narasumber hebat kita Bapak Catur Nurrohman Oktavian, M. Pd. Beliau merupakan redaktur pelaksana majalah Suara Guru sekaligus bendahara PB PGRI yang saat ini mendapatkan amanah sebagai kepala sekolah SMPN 3 Tenjo Kabupaten Bogor. Pada malam ini dibersamai oleh moderator cantik sekaligus Tim Solid Omjay yakni Ibu Yandri Novita Sari, M. Pd. 



A. Sejarah majalah guru
Majalah Suara Guru merupakan salah satu majalah yang berkaitan dengan dunia pendidikan yang diterbitkan oleh PGRI sejak tahun 1950an. Majalah suara Guru yang awalnya merupakan majalah bulanan, untuk saat ini majalah Suara Guru diterbitkan setiap dua bulan sekali (dwi bulanan). Majalah Suara Guru pada tahun 2023 ini akan diterbitkan majalah Suara Guru edisi ke 5 di bulan September-Oktober dan edisi ke 6 akan terbit di bulan November-Desember. Kantor redaksi majalah Suara Guru berada di Jalan Tanah Abang III Nomor 24, Jakarta Pusat. Pada awal berdirinya majalah Suara Guru didirikan dengan tujuan sebagai media komunikasi dan perjuangan, karena pada saat itu PGRI berdiri seratus hari setelah proklamasi, di masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Namun seiring berkembangnya waktu, majalah Suara Guru dapat digunakan sebagai sarana atau media yang memuat tulisan para guru tentang pendidikan, kegiatan organisasi, dan risalah hasil kongres PGRI.

B. Macam-macam rubrik yang ada di majalah Suara Guru
Ada banyak rubrik yang terdapat di dalam majalah Suara Guru, diantaranya:
1. Suara utama
2. Opini
3. Organisasi
4. Eduatainment
5. Oase
6. Percik
7. Inspiratif
8. Sekolah
9.Bahasa
10. Sastra
11. Destinasi

C. Syarat agar tulisan diterima oleh majalah Suara Guru
1. Original bukan tulisan hasil plagiasi
2. Faktual, sesuai dengan fakta
3. Aktual, sesuai dengan tema yang sedang trend misal saat ini bulan Agustus tema berkaitan dengan kemerdekaan
4. Lulus editing dan kurasi dari majalah Suara Guru

Sahabat blogger.. Ternyata ketika kita menulis di majalah Suara Guru hasil karya tulisan kita dapat dijadikan sebagai hasil karya untuk kenaikan pangkat karena menulis di majalah Suara Guru merupakan majalah skala nasional sehingga angka kredit yang didapat dengan menulis yakni 2 poin. Selain itu, jika sahabat blogger tulisannya dapat dimuat di majalah Suara Guru, maka kita pun akan mendapatkan merchandise dari majalah Suara Guru seperti kaos atu tumbler. So... Jika sahabat blogger ingin tulisannya dimuat di majalah Suara Guru, kita dapat mengirimkan naskah tulisannya melalui email suaraguru@gmail.com



"Menulislah apa yang menarik untuk kita dan bermanfaat untuk orang lain"
---Catur Faturrahman Oktavian, M. Pd. ---

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yuck.. Komitmen Menulis di Blog

Proofreading Dulu Sebelum Terbitkan Buku