Strategi Promosi Buku

Resume ke-19

KBMN Gelombang 29
Waktu: Senin, 7 Agustus 2023
Tema: Startegi Promosi Buku
Narasumber: Akbar Zainuddin, MM, MJW 
Moderator: Muliadi

Assalamualaikum wr, wb.


"Untuk menjadi penulis, yang dibutuhkan hanyalah kemauan keras untuk menulis dan
kemudian mempraktikkannya, orang yang hanya mempunyai kemauan untuk menulis, 
namun tidak pernah melakukannya, maka ia sama saja dengan bermimpi untuk memiliki mobil,
tanpa ada usaha dan kerja keras untuk memilikinya". 
----- Stephen King -----

Sahabat blogger... Terkadang kita lupa bahwa teknik promosi buku merupakan hal yang tak kalah pentingnya dari sebuah hasil karya, karena sehebat apapun produk atau karya yang kita hasilkan hanya akan berakhir sebagai pajangan atau pemanis etaase saja jika kita tidak memperhatikan teknik dalam mempromosikan sebuah produk. Lalau... bagaimanakah teknik promosi buku yang tepat, mudah, murah dan tepat? Pada kelas belajar menulis nusantara malam ini akan membahas strategi dalam mempromosikan sebuah buku bersama narasumber hebat kita Bapak Akbar Zainuddin, MM., MJW seorang penulis, trainer, dan motivator nasional tentunya beliau tak sendiri karena akan dibersamai moderator hebat, alumni kelas belajar menulis nusantara dan bagian dari Tim Solid Omjay yakni Bapak Muliadi. 


Sahabat blogger... pasti tak asing lagi dengan Bapak Akbar Zainudin, MM., MJN, pria kelahiran Bayumas Jawa Tengah, 7 Februari 1973 merupakan penulis buku best seller yang berjudul "Man Jadda Wajada" buku solo pertamanya yang sudah mendapatkan respon positif masyarakat hingga berhasil terjual 55.000 eksemplar dalam 13 cetakan. Pria yang menbrandingkan diri sebagai seorang penulis dan motivator ini berhasil mewujudkan impiannya untuk berkeliling ke 33 provinsi di Indonesia berkat menulis, trainer, dan motivatornya. 

A. Awal mula menulis
Berawal saat beliau SMP aktif menulis di majalah dinding di Pondok Gontor, kemudian merambah dunia menulis di majalah santri hingga kuliah. Buku Man Jadda Wajadda yang berhasil diterbitkan oleh penerbit mayor Gramedia, hingga saat ini sudah mencapai 17 buku dan menjadi editor 30 buku antologi. Alumnus pondok pesantren modern Gontor ini menyakini bahwa Allah SWT memberikan keahlian yang berbeda-beda pada setiap orang, beliau menyakini keahlian menulisnya berkat kuasa Allah SWT. 

B. Strategi promosi buku
promosi merupakan salah satu cara untuk memberikan informasi kepada konsumen mengenai produk atau karya, sehingga dapat menari minat konsumen untuk membeli produk kita (buku).

C. Tujuan promosi buku
Adapun promosi buku bertujuan untuk:
1. Memberikan informasi kepada audiens atau khalayak untuk mengenal produk atau karay kita (buku)
2. Membangkitkan kebutuhan konsumen untuk membeli buku
3. Menyakinkan konsumen untuk membeli produk atau karya kita (buku)
4. Mengharapkan agar konsumen dapat merekomendasikan produk atau karya kita (buku) kepada orang lain

E. Tujuh program promosi buku
Program promosi buku dapat dilakukan oleh penerbit atau penulis. 
1. Launching buku, merupakan suatu program untuk meluncurkan buku baru. Launching buku dapat kita lakukan di aula, mesjid, lembaga pendidikan, hotel ataupun di penerbit, misal di penerbit buku Gramedia kita dapat memanfaatkan toko buku Gramedia sebagai tempat melaunching buku. Namun di era modern saat ini, kegiatan melaunching buku dapat kita lakukan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Youtube. 
2. Bedah buku, adalahacara diskusi yang bertujuan untuk membedah isi buku. Bedah buku dapat kita lakukan secara online atau offline. Offline kita dapat menyelenggarakann dengan bekerjasama dengan berbagai lembaga baik lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim, mesjid atau toko buku. Online bisa kita selenggarakan melalui Zoom, Gmeet, Facebook, Instagram, atau Whatsapps.
3. Seminar atau pelatihan, lakukan seminar atau workshop yang sesuai dengan tema buku, misal jika temanya menulis dan motivasi kita bisa lalukan secara berkala dengan menyelenggarakan diklat, seminar atau workshop. 
4. Membangun komunitas, bangunlah komunitas yang sesuai dnegan tema bnuku. Jika temanya terkait motivasi, maka tulislah buku-buku tentang motivasi. Jika bukunya mengenai guru, bangunlah komunitas guru. Jika bukunya mengenai menulis, maka bangunlah komunitas menulis dan jika buku mengenai ice breaking, maka kita bisa membangun komunitas pencinta ice breaking. Melalui komunitas, dapat membangun kedekatan antara penulis dengan pembaca, sehingga dapat memudahkan kita untuk menawarkan atau mempromosikan buku. 
5. Membangun jaringan reseller, Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku dan mendapatkan hasil dari banyaknya buku yang terjual misal dengan memberikan komisi 20-30% komisi dari harga jual buku. Selain itu, kita juga harus mampu memberikan informasi yang terkait buku, sehingga memudahkan reseller untuk menjual buku., 
6. Menjual buku di marketplace, seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia dengan membuka toko di marketplace akan memperluas jaringan kita dalam mempromosikan buku dan pendistribusian buku. 
7. Memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan buku, memanfaatkan sebaik-baiknya follower dan subcriber dengan memberikan informasi melalui media sosial. Kita dapat mempromosikan buku kita dengan membuat status pada media sosial kita baik di Facebook, Instagram, atau Whatsapps, sehingga pembaca kita akan semakin paham mengenai buku atau karya karena pada dasarnya media sosial dapat mempengaruhi orang-orang atau pembaca agar menjadikan buku sebagai suatu kebutuhan utama, karena membaca dapat membuka wawsan, pengalaman, dan pilihan dalam mengambil keputusan. 

Sahabat blogger... Bagaimana, sudah ada gambarankah bagaimana teknik mempromosikan buku? Yuck, kita mulai dari sekarang, di mulai dari lingkungan terkecil dan kita manfaatkan sosial media kita untuk mempromosikan buku atau hasil karya kita. Sesungguhnya kesuksesan akan datang pada mereka yang mau mencarinya. 


"Ketika seorang penulis hanya menunggu, maka sebenarnya ia belum menjadi dirinya sendiri". 
----- Stephen King -----

Comments

Popular posts from this blog

Yuck.. Komitmen Menulis di Blog

Yuck.. Kirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Proofreading Dulu Sebelum Terbitkan Buku