Teknik Menulis Untuk Situs Portal Berita Melintas.id


Resume Ke-6
KBMN Gelombang 29
Waktu: Jumat, 30 Juni 2023
Tema: Teknik Menulis Untuk Situs Portal Berita Melintas.id
Narasumber: Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd.
Moderator : Arofiah Afifi, S.Pd.



"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah"
-Pramoedya Ananta Toer-

Assalamualaikum wr, wb. 

Sahabat blogger... saat kita mengikuti Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) seringkali kita membaca artikel yang ditulis pada sebuah situs yang bernama melintas.id, saya pun sampai penasaran, apa itu melintas.id? apakah sama dengan blog di kompasiana atau gurusiana? Bagaimana cara agar kita dapat menulis di melintas.id? Malam ini marilah kita gugurkan rasa penasaran kita mengenai "Teknik Menulis Untuk Situs Portal Berita Melintas.id" tentunya dengan dipandu oleh moderator handal kita yakni Ibu Arofiah Fifi, S.Pd. yang akan membersamai narasumber hebat kita sekaligus Pimpinan Redaksi portal berita "Melintas.id" yakni Bapak, Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd.


Melintas.id berdiri pada tanggal 11 Mei 2023, berawal dari ide peserta KBMN Gelombang 27, Ahmad Fatchudin untuk membuat media online. Nama "Melintas" merupakan akromin dari "Media Literasi Nusantara Semaja" yang bertujuan memberikan ruang kepada anggota KBMN PGRI untuk mengembangkan diri dalam bidang menulis. Menulis di situs melintas.id memberikan pengalaman dan wawasan baru, karena melintas.id memiliki ciri khas atau gaya penulisan yang berbeda dengan menulis di blog, buku, atau karya ilmiah. 

Melintas.id merupakan situs berita yang pengelolaan ITnya berada di bawah naungan Promedia yang sudah berpengalaman dalam mengelola ribuan situs berita di Indonesia seperti Suara Merdeka dan Jawa Pos. Ada 10 menu rubrik yang disediakan oleh situs berita melintas.id, diantaranya:
1. Pendidikan (berisi berita pendidikan umum)
2. Sastra (berupa cerpen, puisi, atau pentigraf)
3. Parenting
4. News
5. Religi
6. Sekolah (berita kegiatan atau prestasi sekolah)
7. Literasi (beiri hal-hal tentang menulis resensi buku, kegiatan literasi di sekolah/komunitas, seputar KBMN PGRI)
8. Ragam (kuliner, travelling, kesehatan, budaya)
9. Olahraga 
10. Opini 

Dua kategori penulis dalam menulis di melintas.id
1. Penulis lepas, yakni penulis yang tidak tergabung dalam WAG melintas, tidak memiliki target jumlah tulisan, dan pengiriman naskah melalui email)
2. Penulis tetap, yakni penulis yang ingin bergabung dengan melintas.id, siap mengikuti aturan dan memenuhi target jumlah tulisan, yang ke depannya berpeluang mendapatkan honor, jika melintas.id sudah mampu memperoleh pendapatan.

Tiga jenjang penulis tetap di melintas.id
1. Calon Content Creator (CC), Penulis akan menumpang menulis dengan nama editor, penulis diberi target membuat 15 tulisan dalam satu bulan. Jika target terpenuhi akan naik menjadi content creator (CC), jika target tidak terpenuhi sebaiknya menjadi penulis lepas saja.
2. Content Creator (Contributor), Jika penulis sudah memenuhi target membuat 15 tulisan dalam satu bulan, ia akan masuk ke grup Author atau CC. Namun, penulis masih menumpang menulis dengan nama editor, jika ingin memiliki profil sendiri di Melintas.id, penulis harus menjadi Author.
3. Author, syarat menjadi author adalah minimal menulis 20 tulisan dalam satu bulan. Jika sudah mencapai jenjang author, penulis dapat menjadi penulis seutuhnya di melintas.id, memiliki profil sendiri dan tidak menumpang nama dengan editor, serta tercatat dalam database CMS melintas.id.

Sahabat blogger.. ingin tulisannya dimuat di situs berita melintas.id? Berikut cara mengirimkan tulisan ke melintas.id
1. Tulisan mengandung nilai berita, peristiwa, atau opini
2. Naskah diketik di microsoft word minimal 400 kata, maksimal 1.000 kata, kecuali untuk puisi minimal 4 bait, dan 1 bait terdiri dari 4 baris.
3. Pada bagian akhir, tuliskan nama lengkap, biodata, dan nomor telepon (whatsapp)
4. Maksimal setiap paragaraf terdiri dari dua kalimat
5. Wajib mensertakan gambar dengan ukuran minimal 700 x 350 pixel, lebih bagus lagi jika gambar hasil dokumentasi pribadi, medsos, tokoh/instansi dan situs penyedia gambar seperti freepik.com, pixabay.com atau pexels.com
6. Beri keterangan dan sumber pada gambar, tuliskan pada file rord artikel di bagian akhir
7. Pada bagian judul email, diisi dengan judul tulisan dan nama, misal judul tulisan_nama kirim ke email: melintas.2023@gmail.com
8. Mengirimkan blasan email yang berisi link artikel tulisan, jika tulisannya dimuat di melintas.id


Aturan Penulisan Konten Kreator di melintas.id
1. Pemilihan rubrik dan gaya tulisan
2. Isi artikel tidak mengandung unsur SARA, pornografi, kebencian, hoax, dan fitnah
3. Netralisme dan Integritas melintas.Id
4. Menggunakan bahasa dan penulisan yang sesuai
5. Tidak memberitakan hal yang negatif sesama konten creator atau jurnalis
6. Plagiarisme dan sumber artikel
7. Mengikuti ketentuan Promedia Teknologi dan menerapkan SEO (Search Engine Optimization)
8. Sastra (cerbung atau cerita bersambung)
9. Bersedia mengikuti ketentuan dari melintas.id

Sahabat blogger.. Ternyata menulis di melintas.id, tidak langsung tayang tulisannya, karena harus diseleksi terlebih dahulu oleh editor. Sehingga tak heran, jika waktu tayang tulisan kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam atau sehari, karena menulis di melintas.id menjunjung tinggi plagarisme dan batas toleransi plagarisme maksimal 30%.

Sahabat blogger.. Menjadi penulis lepas atau penulis tetap di situs melintas.id, pilihannya ada di tangan Anda. jika Anda hanya iseng-iseng membuat tulisan di melintas.id, baiknya kita jadi penulis lepas saja. Tapi, jika kalian berminat menjadi penulis tetap di melintas.id, silahkan daftar lewat form berikut: https://forms.gle/qPfaGNT3TbAyppka9 dengan ketentuan harus berkomitmen menulis setiap hari. 

Sahabat blogger... Tanpa terasa sudah kita berada di penghujung waktu, kegiatan kelas belajar malam ini ditutup dengan closing statement dari narasumber kita bahwa "menulis pada situs berita memberikan pengalaman yang baru, akan ada banyak ketentuan yang mungkin baru kita ketahui, niatkan menulis di melintas.id untuk pengembangan diri kita, terutama dalam hal menulis"

"Menulis adalah sebuah kebutuhan agar otak tidak dipenuhi oleh feses pemikiran.
Maka menulislah, entah itu di buku tulis, daun lontar, prasasti, atau media sosial. 
Menulislah terus, tanpa peduli karyamu akan dihargai oleh siapa dan senilai berapa"
-Fiersa Besari-

Comments

  1. Gaya penulisannya enak dibaca. Cara penyampaiannya baik dan bersahabat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Terima kasih ibu, masih belajar ibu, semoga bisa jauh lebih baik lagi.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yuck.. Komitmen Menulis di Blog

Yuck.. Kirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Proofreading Dulu Sebelum Terbitkan Buku