Trik Mudah Menulis Buku Cerita Digital

 

Resume ke-16

KBMN Gelombang 26
Waktu: Senin, 31 Juli 2023
Tema: Trik Mudah Menulis Buku Cerita Digital
Moderator: Raliyanti, S. Pd.
Narasumber : Nur Dwi Yanti, M.Pd.

Assalamualaikum wr, wb.

"Semua orang akan mati kecuali karyanya, 
maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak"
-Ali bin Abi Thalib-


Sahabat blogger... Tanpa terasa kita sudah memasuki pertemuan ke-16, sudah setengah perjalanan kita dalam mengikuti Kelas Belajar Menulis Nusantara. Perkembangan zaman banyak membawa perubahan, salah satunya adalah peran digitalisasi. Kemajuan teknologi dan informatika membuat semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Tak heran jika kita tak mengikuti perkembangan zaman, maka kita pun akan tergerus dan menjadi sejarah. Salah satu peran digitalisasi dalam bidang literasi adalah berkembangnya buku cerita digital. 
Sahabat blogger.. tema kita malam ini akan membahas mengenai buku cerita digital dan kiat-kiat mudah dalam menulis buku cerita digital yang akan dipaparkan oleh narasumber hebat kita Ibu Nur Dwi Yanti, M.Pd, wanita kelahiran Bandung 30 Mei 1974 yang memiliki moto "kekuatan adalah doa, masa depan adalah anak-anak, menjadi diri sendiri sebagai pembelajar dan pengajar" akan membahas tuntas kiat mudah menulis buku digital yang akan dipandu oleh Ibu Raliyanti, S.Pd.

Sahabat blogger... Berbeda seperti biasanya, kelas belajar menulis nusantara  (KBMN) dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom. Seru juga bisa berinteraksi secara langsung dengan narasumber, bertatap maya dengan Omjay founder KBMN, para penulis hebat, Tim Solid Omjay (TSO) serta teman-teman KBMN Gelombang 29. 



A. Apa itu E-book

E-book atau electronic book dapat didefinisikan sebagai sebuah buku panduan dalam bentuk digital yang dapat dibuka dengan menggunakan perangkat digital seperti komputer, laptop atau gadget. Berbeda dengan buku pada umumnya, e-book tidak menggunakan lembaran-lembaran kertas yang disusun menjadi sebuah buku, karena e-book menggunakan gambar dan teks digital. 

B. Fungsi E-book

E-book memiliki banyak fungsi salah satunya sebagai media pembelajaran, untuk mencari ilmu atau berbagi ilmu. Misal ketika kita memiliki keahlian dalam. membuat artikel, kita dapat membuat e-book tutorial tentang cara membuat artikel dengan mudah. 

C. Kelebihan E-book

Kelebihan yang dimiliki oleh e-book antara lain:

1. E-book mudah didapatkan, sebab e-book dapat kita download secara gratis di internet. Namun ada juga e-book yang diperjualbelikan yang proses pembayarannya harus kita lakukan terlebih dahulu untuk mendapatkan e-book.

2. E-book mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak biaya, banyak aplikasi yang dapat kita gunakan dalam membuat e-book seperti aplikasi pembuka pdf. E-book mudah dibuat dengan menggunakan laptop, sehingga mudah dieditnya serta e-book lebih hemat karena hanya membutuhkan komputer, laptop, dan jaringan internet. 

3. E-book dapat digandakan sebanyak mungkin tanpa batasan, dan tanpa biaya cetak.

4. E-book mudah disimpan dan lebih praktis, ukuran e-book yang kecil memiliki kelebihan sendiri dibandingkan dengan buku cetak, karena e-book tidak memerlukan banyak ruang untuk menyimpannya, e-book dapat disimpan di flisdisk, memory card, atau hardisk ekternal sehigga mudah dibawa kemana-mana dan dapat dibaca kapan pun dan dimana pun, meskipun tidak terkoneksi dengan internet.

5. E-book tidak memerlukan biaya perawatan seperti buku cetak yang harus dicetak, disimpan, dan dijaga dari kerusakan. E-book tidak akan basah, dimakan rayap atau sobek, karena e-book berbentuk digital.


D. Empat Aplikasi dalam Membuat E-book

Ada empat aplikasi yang dapat kita gunakan dalam membuat e-book, diantaranya:

1. PDF, merupakan format yang sering digunakan dalam membuat e-book, karena banyak situs we yang menawarkan e-book gratis dalam bentuk file PDF. Hal ini dikarenakan file PDF mudah dibuka dan dibaca di komputer atau gadget serta file PDF yang digunakan bersifat gratis.

2. Google docs, membuat e-book menggunakan aplikasi googledocs bersifat gratis dan dapat disimpan dalam bentuk ePUB. Namun kelemahan googledocs, kita harus online saat menyimpan file atau mendownload file baik dalam bentuk PDF, ePUb, atau word. Kelebihan Googledocs, kita dapat menambahkan editor dan melacak pengeditan serta komentar secara real time.

3. Mobipocket, awalnya mobipocket digunakan hanya untuk e-reader. Namun seiring perkembangannya, mobipocket lebih populer dan banyak digunakan oleh pembaca ebook, termasuk aplikasi Amazon Kindle dan Kindle untuk iOS dan android. Secara visual, format mobipocket sangat menarik untuk mengubah dan mengalokasikan halaman.

4. ePUBee, merupakan aplikasi dalam membuat e-book gratis, karena langsung terhubung dengan Microsoft Award. Melalui tampilan yang sederhana dan efektif pada aplikasi ePUBee, memudahkan dalam membuat e-book, misal selesai menulis e-book di microsoft word, kita dapat mengkonversinya dalam bentuk PDF.

"Digital itu mudah, jika kita mau mencobanya"

-Nur Dwi Yanti"








Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yuck.. Komitmen Menulis di Blog

Yuck.. Kirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Proofreading Dulu Sebelum Terbitkan Buku